Senin, 04 April 2011

"LINUX" : NEW COMER

Linux merupakan salah satu software pendukung program komputer maupun laptop sekarang ini, atau bisa juga dikatakan bahwa linux adalah salah satu program software terbaru dan teruptodate sekarang ini. Akan tetapi, mungkin bagi sebagian orang, linux masih terdengar sangat asing. Hal ini dikarenakan, linux sekarang ini masih sangat jarang digunakan, mungkin sekarang ini hanya terdapat sedikit sekali perusahaan yang menggunakan program linux sebagai program software pendukung. Salah satu tempat yang pasti saya tahu yang menggunakan linux adalah tempat dimana saya tengah menuntut ilmu sekarang ini, yakni kampus saya tercinta STIE MALANGKUҪEҪWARA MALANG.

Sebenarnya tanpa kita sadari, dengan menggunakan linux kita akan merasa lebih diuntungkan ketimbang menggunakan program software lainnya. Mengapa saya bisa mengatakan demikian??? Tahu gak sih, kalo sebenarnya linux itu salah satu program software yang sangat banyak menguntungkan bagi kita, misalnya saja untuk mendapatkan softwarenya kita tidak perlu merogoh kocek kita dalam-dalam (alias gratis 100%). Karena program software lainnya, untuk memilikinya saja kita perlu menguras kocek kita dulu dengan harga yang bisa dikatakan cukup mahal dan menguras saku, apabila bagi mahasiswa seperti saya ini. Memang sih, program-program yang terdapat di linux lumayan berbeda jauh dengan program yang ada di software lainnya (maaf tidak bisa saya sebut) dan cukup susah untuk dipelajari (karena agak sedikit rumit), akan tetapi linux ini sangat ampuh sekali apabila digunakan oleh mahasiswa atau perguruan tinggi ekonomi lho...

Bedasarkan sumber yang saya dapatkan, fungsi yang dimiliki llinux sangatlah banyak, di antaranya adalah linux lebih aman karena dalam menjalankan proses pada tingkat terendah diperlukan akses lebih dari 80% atas 500 supercomputers di dunia yang menjalankan linux. Linux OS dapat menjalankan distribusi yang sama persis pada sistem 32-bit, 64-bit sistem. Pada saat kita selesai melakukan instal software seringkali diminta untuk restart bahkan komputer bisa restrat secara otomatis, uniknya di linux tidak terjadi demikian. Selain itu, linux dapat membaca dengan baik lebih dari seratus jenis file system. Linux juga dapat membantu kita untuk menghapus spam yang mana biayanya gratis 100%.

Yang namanya manusia pastilah mempunyai kekurangan. Seperti halnya linux yang juga buatan manusia ini mempunyai kekurangan. Linux tidak crash tanpa alasan jelas sewaktu dijalankan. Lalu, linux tidak dapat membuat sistem yang kita miliki unusable seperti yang ditemukan oleh software aplikasi lainnya.

Jadi, linux merupakan salah satu software yang sangat menguntungkan bagi kita khususnya mahasiswa, dosen maupun orang – orang yang berkutat dalam bidang ekonomi (khususnya akuntansi). dan cara pengoperasian linux jauh lebih cepat daripada software lainnya, dikarenakan program – program linux lebih canggih dan sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar