Kamis, 14 April 2011

MySQL to be "famous"


Modernisasi membuat semua urusan saat ini menjadi lebih mudah untuk diselesaikan. Seperti halnya dalam mengolah data, kini sudah banyak programer membuat berbagai software aplikasi di antaranya adalah MySQL. MySQL merupakan sebuah system manajemen database yang digunakan untuk menambah, mengakses dan memproses data yang tersimpan di komputer. MySQL merupaka implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS). Database MySQL digunakan oleh banyak instansi seperti pemerintah maupun perusahaan swasta. Database ini dipilih karena kecepatan dan keefektifannya dalam mengolah data.
MySQL dikembangkan oleh sebuah perusahaan Swedia MySQL AB yang dulu bernama TcX DataKonsult AB sekitar 1994 – 1995 yang dipimpin oleh Michael Widenus.Perusahaan ini berkecimpung dalam hal pengembangan sooftware dan konsultan database. Menurut sumber, MySQL versi 1.0 dirilis Mei 1996 secara terbatas kepada 4 orang. Versi 3.11.0 dikeluarkan untuk publik pada Oktober. Namun, kode tidak diberikan kepada lisensi tetapi MySQL dapat dilihat dan gratis serta servernya dapat dipakai tanpa biaya sesuai kebutuhan nonkomersial. Dan jika kita ingin menggunkannya secara komersil maka harus membayar lisensi terlebih dahulu. Baru pada Juni 2000, MySQL AB mengumumkan bahwa versi 3.23.19 sudah bebas berlisensi yang berarti dapat dilihat dan gratis serta server MySQL dapat dipakai tanpa biaya untuk kebutuhan apapun. Namun, jika kita ingin memodifikasi kode maka kita harus melepasnya di bawah lisensi yang sama.
MySQL merupakan database yang sangat cepat, dapat diandalkan dan mudah untuk digunakan. Berdasarkan sumber yang saya peroleh, kelebihan MySQL sangatlah banyak,diantaranya adalah:
v  MySQL dapat dijalankan pada semua sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac Os, dll.
v  MySQL dapat diperoleh dan digunakan secara gratis serta sudah berlisensi.
v  Dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah.
v  Memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana (dapat memproses lebih banyak SQL persatuan waktu).
v  Memliki ragam tipe data yang sangat banyak seperti signed, float, double, chart, text, date, timestamp, dll.
v  Memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
v  Memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
v  MySQL mampu menangani basi data dalam skala besar dengan jumlah records lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris serta dapat menampung 32 indeks pada tiap tabelnya.
v  MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, UNIX, dan NT.
v  MySQL dapat mendetekso pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa, namun bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
v  MySQL memiliki berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan Aplication Programming Interface (API).
v  MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan yang dapat digunakan untuk adminsitrasi basi data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
v  MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE dibandingkan basisdata yang lainnya.
Jadi, tidak sulit untuk mengoperasikan MySQL dalam mengolah data. Hampir semua kebutuhan dilengkapi di software ini, walaupun tidak semua keunggulan didapatkan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar