Kamis, 09 Juni 2011

Online Shopping...???? _why not?!!_


          Belanja online saat ini telah menjadi trend yang sangat digemari oleh para wanita terutama kalangan remaja. Kemarin tepatnya tanggal 6 Juni 2011, saat mata kuliah IT temanku Lenny Thia mempresentasikan tentang trend belanja online. Materi yang disajikan cukup menarik dan mampu membuat saya tergugah untuk terus mendengarkannya. Dia memberikan banyak informasi mengenai trend belanja online. Mulai dari kelebihan, kekurangan, hal – hal yang harus diperhatikan saat kita akan bertransaksi dan yang paling penting adalah mengenai keamanan dalam belanja online.
          Dengan berkembangnya teknologi, belanja pun tidak perlu harus pergi ke luar negeri atau membuang – buang waktu untuk datang dan memilih langsung barang yang akan kita beli. Karena selain biaya dan waktu yang terbuang,  kegiatan ini juga kurang efektif bagi seorang wanita karir. Dengan adanya online store ini mereka telah sedikit terbantu dalam hal belanja. Kita bisa melihat dan memilih barang yang akan kita beli hanya melalui internet saja. Tidak perlu bertatap muka dengan sipenjual kita sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan.
          Saat kita akan membeli sebuah barang secara online, janganlah langsung percaya begitu saja. Kemungkinan terjadinya penipuan bisa saja terjadi karena kita tidak tahu siapa orang yang menjual barang tersebut. Teliti sebelum membeli, hal ini yang harus menjadi perhatian utama. Lihatlah profil penjual tersebut dan jika dia memberikan alamat dan informasi yang jelas mengenai toko onlinenya, kita bisa melanjutkan transaksi dengan penjual tersebut. Apalagi jika sipenjual itu berasal dari sebuah instansi yang cukup terkenal dan dipercaya oleh banyak orang, kita bisa langsung bertaransaksi karena informasi mengenai orang tersebut sudah akurat. Dan jika terjadi sebuah penipuan yang sangat merugikan Anda sebagai konsumen, Anda bisa langsung menghubungi pihak yang berwajib seperti polisi.
          Memang dalam dunia bisnis semua tidak bisa berjalan mulus. Semua ada kelemahan dan kelebihannya. Begitu juga dengan online store, tidak semua orang lancar dalam menjalankan usaha ini. Tidak dipungkiri lagi jika trend belanja online ini telah merajalela di dunia e-commerse dan wanita penggila belanja. Kecenderungan wanita memilih belanja online dikarenakan adanya transisi dalam dunia teknologi. Dengan mudah dan tanpa membuang waktu yang lama mereka dapat melakukan belanja kapan dan dimana saja.
Berdasarkan survei sebuah lembaga studi bersama yang dilakukan oleh media commercenet dan nielsen.Laporan tersebut menunjukkan bahwa sepertiga dari pembelanja internet adalah perempuan dan jumlah ini meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Wow, angka yang sangat mencengangkan. Di Indonesia mungkin trend belanja online baru saja terjadi, namun di belahan dunia lain hal seperti ini sudha berjalan cukup lama dan mendapat perhatian khusus dari sebuah lembaga.
Inilah yang saya dapatkan dari presentasi teman saya. Terima kasih karena telah memberikan banyak informasi yang sangat bagus dan ini pengetahuan yang baru juga bagi saya...

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar