Jumat, 17 Juni 2011

Tips Mengatasi dan Menghindari “Insomnia”


Tidur merupakan kebutuhan hidup bagi setiap orang, bahkan ada sebagian orang yang menganggap tidur sebagai kebutuhan utama untuk mengumpulkan energi dalam melakukan aktivitas sehari – hari. Apabila kita kurang tidur sedikit saja, maka daya tahan tubuh kita akan turun dan mengakibatkan kita jadi malas dan susah tidur (insomnia). Bagi sebagian orang, mungkin pernah mendengar istilah insomnia (gejala susah tidur).

Insomnia atau sulit tidur sering menghantui kita. Terutama bagi orang – orang yang sibuk dengan pekerjaan dan kebanyakan mahasiswa yang mengerjakan tugas – tugas kuliahnya. Masalah ringan seperti ini bisa sangat berakibat fatal terutama bagi kesehatan. Insomnia terjadi akibat stres ringan yang melanda pikiran seseorang. Akibat dari insomnia adalah wajah menjadi terlihat lebih tua, tidak bersemangat dalam beraktifitas, wajah menjadi terlihat lusuh dan sering mengantuk yang tidak tepat pada waktunya. Berikut adalah berbagai tips dalam mengatasi insomnia atau sulit tidur:
1.      Olahraga teratur
Olahraga sangat penting dan banyak manfaat yang akan didapat dari olahraga. Untuk mengatasi insomnia olahraga berperan cukup penting karena dengan berolahrga tubuh akan kembali menjadi sehat dan terlihat lebih bugar. Olahraga yang dapat dilakukan seperti lari pagi, senam dan olahraga ringan lainnya.

2.      Makan secara teratur dan mengandung 4 sehat 5 sempurna.
Dengan makan sehat dan teratur akan membuat energi yang terkumpul dapat berperan secara aktif. Dengan makanan yang sehat kita dapat melakukan aktifitas apapun yang kita suka tanpa ada rasa mengantuk dan lelah.
3.        Mengatur jam tidur sesuai waktunya.
Orang seringkali menganggap tidur kalau sudah mengantuk, ya memang itu benar. Namun, alangkah baiknya jika tidur itu dilakukan secara teratur. Karena jika tidak dilakukan secara teratur dapat menganggu kerja otak dan sistem saraf lainnya.
4.      Banyak minum air putih.
Dengan minum air putih yang banyak dapat membantu proses perdaran darah dan membuat tubuh tidak kekuranga cairan.
5.      Jangan memikirkan sesuatu yang tidak penting/tidak pasti.
Terlalu banyak pikiran juga dapat menyebabkan sulit tidur. Karena ketika kita terlalu banyak berpikir maka kita tidak bisa tidur dan akan selalu memikirkan hal – hal yang tidak seharusnya dipikirkan.
6.      Minum vitamin
Minumlah vitamin sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengkonsumsi vitamin secara teratur maka vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi dan membuat daya tahan tubuh kita tidak cepat turun.

Jadi, jangan terlalu khawatir dengan insomnia, karena banyak cara yang digunakan untuk mengatasinya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar