Kamis, 23 Juni 2011

Tasawuf, Akhlak Tahali dan Tajalli



Tasawuf adalah mensucikan diri tanpa ada campur tangan dunia sedikitpun (bertawakal dan senantiasa menyerahkan segala urusannya hanya kepada Allah SWT.
Takhalli artinya mengosongkan jiwa dari sifat-sifat buruk seperti sombong, dengki, iri hati, cinta kepada dunia, cinta kedudukan, riya’, dan segala perbuatan yang tidak mencerminkan iman kepada Allah SWT.
Tahalli berarti menghiasi jiwa dengan sifat-sifat yang mulia seperti kejujuran, kasih sayang, tolong menolong, kedermawanan, sabar, keikhlasan, tawakal, kerelaan, cinta kepada Allah SWT, serta banyak beribadah, berzikir, dan muraqabah kepada Allah SWT. Setelah menempuh takhalli dan tahalli, sampailah para salik pada sesuatu yang dinamakan tajalli. Secara etimologi, tajalli berarti pernyataan atau penampakan.
Tajalli adalah terbukanya tabir yang menghalangi hamba dengan-Nya sehingga hamba menyaksikan tanda-tanda kekuasaan dan keagungan-Nya. Istilah lain yang memiliki kedekatan arti dengan tajalli adalah ma’rifah, mukasyafah, dan musyahadah. Semua itu menunjuk pada keadaan di mana terbuka tabir (kasful-hijab) yang menghalangi hamba dengan Allah SWT.

Hubungan Akhlak dengan Tasawuf:
Akhlak dan Tasawuf saling berkaitan. Akhlak dalam pelaksanaannya mengatur hubungan horizontal antara sesama manusia, sedangkan tasawuf mengatur jalinan komunikasi vertical antara manusia dengan Tuhannya. Akhlak menjadi dasar dari pelaksanaan tasawuf, sehingga dalam prakteknya tasawuf mementingkan akhlak.

Implementasi akhlak dan tasawuf dalam kehidupan yang menyangkut:
1.      Akhlak kepada Allah SWT
Yaitu dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya seperti melaksanakan sholat 5 waktu, puasa wajib dan sunnah, bertawakal kepada Allah, berdzikir dan muraqabah kepada Allah SWT.
2.      Akhlak kepada manusia
Yaitu dengan bersikap saling menghargai, saling menghormati satu sama lain, saling tolong – menolong, bersikap dermawan dan kejujuran.
3.      Akhlak terhadap lingkungan
Yaitu dengan menjaga lingkungan agar tidak rusak, menjaga klebersihan lingkungan, tidak merusak dan membuang sampah sembarangan.

1 komentar: