Senin, 06 Juni 2011

"DATA" sii kata kunci dalam "STATISTIK"

Dalam dunia statistik, data adalah bahan utama untuk diolah menjadi sebuah informasi yang berfungsi dalam sebuah pengoperasian sistem. Data statistik yang digunakan harus dapat dipercaya dan mencakup semua unit yang menajadi objek penelitian. Kemudian informasi yang didapat harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan dengan metode yang telah ditetapkan. Tidak sedikit orang yang melakukan manipulasi data karena data yang diperoleh itu belum memberikan kepuasan bagi dirinya. Orang – orang yang biasa memanipulasi data biasanya menginginkan penelitiannya itu sempurna. Namun, di dunia statistik tidak ada istilah seperti itu, karena data yang disajikan harus benar – benar nyata dan sesuai dengan penelitiannya, walaupun hasil yang didapat tidak sesuai dengan yang dia inginkan ya memang itulah hasilnya.
Dalam mengumpulkan data juga ada metodenya loh, distatistik metode yang digunakan ada 2 yaitu sensus dan sampling.
Sensus adalah cara pengumpulan data dengan meneliti semua elemen populasi, artinya dalam melakukan penelitian populasinya diselediki satu per satu. Contoh yang paling nyata adalah diadakannya sensus penduduk di Indonesia yang dilaksanakan 10 tahun sekali. Metode ini jarang digunakan karena memerlukan biaya mahal  dan menggunaka waktu dan tenaga yang banyak.
Sampling berbeda dengan sensus karena dalam mengumpulkan data yang diteliti adalah elemen sampel dari suatu populasi dan data yang diperoleh masih dalam bentuk perkiraan sedangkan hasil data yang diperoleh dalam sensus adalah data yang sebenarnya. Misalnya saja dalam meneliti beberapa perusahaan sebanyak 100 namun yang akan diselidiki hanya 50 saja. Jadi dalam penelitiannya memperkirakan jumlah karyawan, jumlah produksi jumlah modal, gaji karyawan dan lain sebagainya. Metode ini membutuhkan biaya yang lebih sedikit serta waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan dapat mencakup data yang lebih luas dan terperinci.
Setelah metode pengumpulan data telah dipilih, yang dilakukan selanjutnya dalah menentukan alat yang digunakan dalam meperoleh data. Alat yang digunakan antara lain:
1.     Daftar pertanyaan
2.    Wawancara
3.    Observasi (pengamatan langsung)
4.    Melalui telepon
5.    Alat ukur seperti meteran, timbangan, termometer, dan alat lain yang dapat mendukung penelitian
Jadi, sebelum data diolah menjadi sebuah informasi harus dilakukan berbagai pertimbangan yang dapat melancarkan dan memudahkan kita untuk melakukan penelitian. Dan yang paling penting dalam melakukan senuah penelitian adalah kejujuran. Jika kita memanipulasi sebuah data berarti kita telah membohongi semua orang yang telah membaca hasil penelitian kita. Dan ilmu yang didapatkan mungkin tidak akan bermanfaat akibat dari manipulasi yang telah dilakukan.

Sumber: statistik teori dan aplikasi edisi 7 Supranto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar